Ditulis pada 7 February 2018 , oleh admin , pada kategori Berita, Info Kemahasiswaan
Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo) akan turut serta dalam Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKN-MU) untuk Negeri. Keikutsertaan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan pelaksanaan Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) oleh UMPurworejo. KKN-MU ini juga sebagai ajang untuk lebih mengenalkan Universitas ke tengah-tengah masyarakat Jawa Tengah dan sekitarnya serta mendorong sosialisasi antar mahasiswa PTM.
Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKN-MU) untuk Negeri merupakan program KKN gabungan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia sebagai bentuk pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. KKN-MU dilaksanakan dengan prinsip co-creation (gagasan dari berbagai pihak terkait), co-financing (dukungan dari berbagai pihak terkait), flexibility (menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan dan kebutuhan pemerintah, mitra kerja, dan masyarakat dalam proses pembangunan di daerah), sustainability (kegiatan harus melahirkan pembangunan atau pengembangan berkelanjutan di tengah masyarakat sasaran), dan research based community services (setiap kegiatan didasarkan atau dilaksanakan berdasarkan hasil kajian ilmiah).
KKN-MU juga menjadi wadah sosialisasi dan aktualisasi diri antar mahasiswa PTM se-Indonesia sekaligus ajang tukar budaya dan kearifan lokal yang pada ujungnya bertujuan untuk memberdayakan masyarakat. Pelaksanaan KKN-MU akan diselenggarakan pada 01 Agustus – 06 September 2018 dan mengambil lokasi di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.
UMPurworejo sebagai salah satu PTM yang komitmen untuk memberdayakan masyarakat akan turut serta dalam kegiatan tersebut. Kepala LPPM UMPurworejo, Dr. Sriyono, M.Pd menyatakan, “KKN-MU ini terbuka bagi seluruh mahasiswa UMPurworejo agar mereka dapat saling bertukar pengalaman dengan mahasiswa PTM lain di seluruh Indonesia”. Lebih lanjut lagi beliau menyebutkan “mahasiswa peserta KKN-MU akan memperoleh nilai tambah karena akan terjadi pertukaran budaya yang tidak akan diperoleh mahasiswa jika hanya mengikuti KKN secara lokal”.
Rektor UMPurworejo, Drs. H. Supriyono, M.Pd, menyebutkan “Mahasiswa UMPurworejo harus terlibat aktif dalam KKN-MU ini. Universitas akan mendukung penuh dalam bentuk memfasilitasi dan memberikan subsidi terhadap biaya kontribusi yang telah ditetapkan”. Lebih lanjut Rektor UMPurworejo telah menugaskan LPPM untuk mengkoordinasikan KKN-MU dari proses pendaftaran, sosialisasi, rekruitmen peserta, hingga pembekalan.

Informasi terkait pendaftaran KKN-MU sebagai berikut:
Pendaftaran : 7 Februari – 5 Maret 2018
Tempat pendafataran : LPPM UMPurworejo
Kontribusi : Rp 1.000.000,00 (sudah disubsidi oleh Universitas)
Syarat :

  1. Mahasiswa UMPurworejo
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Diutamakan berpengalaman dalam organisasi
  4. Komitmen mengabdikan diri selama 1 bulan